Rabu, 12 Maret 2014

What is Friendship?

Apa menurutmu arti kata sahabat? Pasti yang terlintas adalah teman yang bisa diajak susah dan seneng bareng. That’s true? I’m not sure.

Banyak orang bilang, ”kamu itu sahabat aku”. Bener sahabat? Kalo temennya susah kemana? Ada nggak disamping dia? Kalo seneng gimana juga? Ada? Mayoritas dari sekian banyak orang yang aku liat persahabatannya cuma sekedar formalitas. Maksud aku, cuma datang pas seneng. Pas sedih atau jatuh ditinggalin gitu aja. Biasanya sih pake alesan, ”aku juga punya masalah”.

Hello, gak ada cerita tiap orang gak punya masalah. Semua pasti punya. Tinggal gimana kita aja ngadepin masalahnya. Kalo aku sih mendingan diem kalo ada masalah. Gak perlu banyak omong, atau cuma ngomong seperlunya aja dan itupun juga pilih – pilih orangnya. Well, itu kalo aku.

Ada juga tipe orang yang kalo ada masalah lebih nyaman cerita sama sahabatnya. Kenapa? Karena mereka merasa nyaman. Jangan sekali – kali ngecewain orang yang udah ngerasa nyaman sama kamu. Kalo ada yang merasa nyaman, harusnya bersyukur. Karena kamu memberikan ketenangan buat orang yang mau meluapkan emosinya (disini maksud aku masalahnya) dan minta saran atau kalo bisa solusi.


Menurut aku, sahabat itu keluarga. Bukan ayah, ibu, kakak, atau adik. Tapi teman yang bener – bener udah seperti saudara. I’m lucky, ‘cause I’ve one. Nyari sahabat itu susah – susah gampang. Yang sering ada disekeliling kita sih namanya temen. Beda sih kalo menurut aku namanya sahabat sama temen. Temen (menurut definisi aku) adalah orang yang bisa diajak bercanda, main – main kesana kemari, tapi gak bisa diajak masuk dalam sesi curhat. Sedangkan sahabat (menurut definisi aku) adalah temen (dalam definisiku) yang bisa diajak masuk dalam sesi curhat. Tentu tiap orang punya kualifikasi buat nentuin siapa yang layak dan enggak buat jadi sahabatnya. Sekali lagi, GAK SEMUA TEMEN YANG DEKET SAMA KAMU ITU NAMANYA SAHABAT. Udah gitu aja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar